Senin, 13 Februari 2017

Pengertian, Kegunaan dan Syarat Rapat



Apa itu rapat?apa sih kegunaan rapat. dipaostingaan saya kali ini saya akan membahas tentang Pengertian, Kegunaan dan Syarat Rapat.


Pengertian Rapat.

Rapat (merapat) bentuk komunikasi tatap muka yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk membicarakan, merundingkan dan memutuskan suatu masalah berdasarkan kesepakatan bersama. Atau pertemuan dalam suatu perusahaan, baik dalam situasi formal maupun non formal untuk membicarakan, membahas serta menyelesaikan berdasarkan kesepakatan bersama demi tercapainya suatu tujuan.


Keguaan rapat:

1.       Forum diskusi untuk memecahkan masalah

2.       Forum silaturahmi

3.       Sarana bernegosiasi (pendapat yang di gabungkan dari semua saran)

4.       Ketentuan hukum

5.       Forum demokrasi

6.       Brainstorming (sumbang saran)

7.       Sarana berkonsultasi

Tata tertib rapat “tujuan rapat”

1.       Untuk memberi informasi

2.       Untuk melakukan kerjasama

3.       Untuk mengatasi permasalahan

4.       Untuk memenuhi peraturan


Syarat rapat

1.       Susana terbuka artinya setiap peserta siap menerima informasi yang dating dari siapa pun.

2.       Berpartisipasi penuh artinya setiap peserta aktif ambil bagian dalam proses rapat tersebut

3.       Bibingann dan control artinya setiap peserta selalu terkontrol dan terarah kerena ada bimbingan dan pengawasan dari pemimpin rapat.

4.       Ada argumrntsi artinya di dalam mencari kebenaran bukan kemenanagan yang diutamakan melainkan adanya argumentasi yang aktif dan baik

5.       Pernyataan singkat artinya penyampaian informasi atau memberikan dalam bentuk pernyataan yang singkat jelas serta langsung menuju sasaran.

6.       Menghindari “klik” kelompok artnya jangan sampai suatu kelompok memonopoli pembicaraan da memeksakan pendaat kepada kelompok lain, semua pihak mempunyai hak megeluarkan pendapat.

7.       Ada kesimpulan artinya semua peserta harus mampu membuat kesimpulan /keputusan yang diterima dan akan dilaksanakan bersama dengan penuh tanggung jawab.


Macam-macam rapat berdasarkan tujuan

1.       Rapat untuk menyajikan sebuah berita

2.       Rapat untuk pemecahan masalah

3.       Rapat untuk mengambil keputusan


Berdasarkan perencanaan

1.       Rapat formal (petugas atau jabatannya)

2.       Rapat informal (santai)


Berdasarkan periodisasi (periode/waktu)

1.       Rapat berkala ( jangka waktu tertentu )

2.       Rapat khusus ( sifatnya mendadak )


Berdasarkan pesertanya

1.       Rapat vertical ( dihadiri pimpinan perusahan, wakil, sekertaris, bendhara dll)

2.       Rapat hotizontal (dihadiri karyawan yang dibawah pimpinan tanpa ada pimpinan perusahaan atau sesama staff)


Berdasarkan tingkat urgensinya (kepentingan)

1.       Rapat biasa

2.       Rapat penting


Pemimpin: suatu rapat akan terarah dan mencapai tujuan apabila dipandu atau dipimpin oleh seseorang yang disebut pemimpin rapat.


Tipe pemimpin

1.       Tipe otoriter

Tipe yang mau menang sendiri, banyak memeksakan pendapatnya, dan tidak menghargai pendapat orang lain.

2.       Tipe laissez

Tidak dapat menghendel rapat, rapat dibiarkan begitu saja sehingga berlarut-larut,

3.       Tipe demokratis
 Menciptakan adanya lalulintas komunikasi dua arah, hasil keputusan bersama sehingga menyababkan para peserta rapat dapat bertanggung jawab atas hasil keputusan yang diambil.


Tipe rapat; salah satu unsur penting yaitu adanya perta yang masing- masing memiliki karakter

1.       Tipe pemersatu bertindak sebagai juru damai cirinya perhatian, bersahabat, berjiwa besar. Sabar, tekun, dan mempunyai sikap toleran.

2.       Tipe prantara bertindak sebagai penghubung antara satu dengan yang lain baik perorangan maupun kelompik. Karakternya adalah pandai bergaul

3.       Tipe pendengar termasuk peserta yang pasif tidak berperan serta secara aktif. Orang yang mempunyai tipe biasanya karena pendiam dan kurang pengalaman

4.       Tipe inisiatif perta mempunyai sifat tekun, rajin .

5.       Tipe pemberi semangat yaitu sifat penggerak kemauan dan kemampuan bekerja yang cukup tinggi dapat mempengaruhi orang lain karena pandai membaca situasi, berwibawa disegani sehingga mempunyai pengaruh baik.

6.       Tipe pemberi informasi selalu memberi informasi karena memiliki pengalaman yang luas.sifat tipe ini orang mudah bergaul

7.       Tipe penyerang harus diwaspadai oleh pemimpin rapat karena bersifat pendobrak, pentang terhadap masalah yang dibahas, pendapat dan sikap orang lain sehingga dapat menimbulkan perdebatan dan perselisihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar